Wikipedia

Hasil penelusuran

James Watt

James Watt
Seorang ilmuan asal Inggris yang menyempurnakan mesin uap.

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison
Pria kelahiran Ohio, Amerika Serikat. Ia terkenal karena sukses menciptakan lampu pijar. Edison juga termasuk ilmuwan yang produktif.

Leonard Kleinrock

Leonard Kleinrock
Penemu Internet

Charles Babbage

Charles Babbage
Bapak Komputer
INFORMATION SYSTEMS

Bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen

sains dan teknologi

Entri yang Diunggulkan

GERHANA - SHORT STORY

  Perkenalkan manusia baru dalam subtitle malam hariku. Namanya Gerhana Wirasena. Bagaimana? Namanya sudah membuatmu bertanya-tanya atau t...

KATAKAN TIDAK PADA HOAX , SHARING SEBELUM SHARING

 

KATAKAN TIDAK PADA HOAX , SHARING SEBELUM SHARING



 Media komunikasi baik media online atau media cetak selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman serta kemajuan teknologi. Media dalam penyebaran suatu berita harus memberikan fakta dan kebenaran. Karena akan sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat dan juga dapat mempengaruhi kondisi sosial ekonomi di suatu wilayah.

Saat ini, banyak beredar berita yang masih belum jelas kebenarannya bahkan tidak benar, istilah trennya adalah hoax. Hoax merupakan ketidak benaran suatu informasi yang beredar di masyarakat, seringkali tersebar melalui sosial media.

Lalu bagaimana cara kita untuk menangkal berita hoax yang sangat banyak tersebar di sosial media kita???

Menurut pakar komunikasi, Literasi digital mampu mencegah penyebaran berita bohong atau hoax ditengah masyarakat.

Dengan literasi digital, masyarakat menjadi lebih berpengetahuan, berwawasan luas sehingga mampu menyaring mana berita yang benar dan mana yang hoax.

Saat ini kabar berita lebih cepat menyebar di dunia maya tanpa memperhatikan kebenaran kabar tsb. Dengan adanya pengetahuan literasi digital, masyarakat mampu menyeleksi apakah kabar itu layak untuk disebarkan, bermanfaat atau tidak.

Berita HOAX tidak bisa diberantas hanya oleh satu dua orang saja. Tapi harus dari berbagai pihak dan seluruh masyarakat. Butuh kesadaran akan pentingnya kabar yang benar untuk membangun pribadi yang tidak mudah termakan berita hoax.

Ayooo mulai dengan mensukseskan gerakan literasi digital. Jangan biarkan kita menjadi pribadi yang mudah menerima dan menyebarkan berita HOAX. Jangan jadi penyebar hoax, apalagi produsen hoax. Salam Pandu Digital Indonesia.

#PanduDigital #RTIKDikti #AkademiRTIK #AkhlisPandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar